PONDOK PESANTREN SALAFIYAH DAN DA'WAH ROUDLOTUL ULUM
Pondok Pesantren merupakan Lembaga Pendidikan yang mampu membentuk pola pikir dan perilaku santrinya, ini adalah suatu fakta yang menunjukan kebutuhan riil masyarakat akan peran partisipasi Pondok Pesantren. Kontinuitas tradisi yang benar memperhatikan ilmu-ilmu agama sebagaimana dipegangi oleh masyarakat muslim, ini juga sebuah kemungkinan cara untuk mempertahankan standard ilmu-ilmu agama di masa depan. Hanya dengan jalan demikian masyarakat Indonesia dapat mempertahankan kemurnian pengajaran Agama. Inilah konsep Ahl As Sunnah Wal Jamaah. Dalam Ilmu Pendidikan aturan dalam teks-teks klasik yang dikenal dengan kitab kuning dimaksudkan untuk membekali para santri dengan pemahaman jalan kebenaran menuju kesadaran esoteris ihwal statis penghambaan (ubudiyyah) dihadapan Alloh SWT, tetapi juga dengan tugas-tugas masa depan dalam kehidupan masyarakat.
Pesantren sangat efektif untuk membangun karakter bangsa, sebab di pesantren ilmu itu diamalkan dan direalisasikan bukan hanya diwacanakan dan didiskusikan. Di dalam pesantren itu ada nilai-nilai yang terintegrasi satu sama lain Ilmu itu jangan hanya ditulis tapi harus diamalkan dengan tulus dan ikhlas, nilai persaudaraan yang kuat dan nilai kemandirian karena mentalnya ditempa. Pesantren lebih terfokus pada pembangunan karakter Bangsa (Nation Character Building ), terlebih generasi muda yang merupakan generasi penerus Bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia .
Pondok Pesantren Salafiyah dan Da'wah Roudlotul 'Ulum sudah berjalan selama kurang lebih 10 tahun sejak Tahun 2001, yang mana pada awalnya kami hanya memilliki lahan seluas 5 tumbak, 1 mushola, 2 kamar kecil serta 2 orang santri. Ketika pertama berjalan para santri kami selain belajar ilmu Agama Islam juga belajar berwirausaha kecil-kecilan dengan beternak hewan peliharaan seperti domba dan kambing, bertani dan berkebun dengan menanam berbagai jenis sayur mayur.
Berbagai tantangan dan rintangan yang menerpa perjalanan Pondok Pesantren Salafiyah dan Da'wah Roudlotul 'Ulum semakin memacu semangat kami untuk terus membenahi dan memperbaiki segala sesuatunya. Kami terus tegar dan sabar dalam manjalani amanah ini. Meskipun dengan fasilitas, sarana dan prasarana yang belum sesuai dengan kebutuhan pengembangan program-program yang kami rancang, tidak membuat kami patah semangat, karena kami yakin Alloh SWT adalah sebaik-baik tempat berlindung dan meminta pertolongan.
Alhamdulillah seiring berjalannya waktu dan tentunya dukungan dari berbagai pihak, kini Pondok Pesantren Salafiyah dan Da'wah Roudlotul 'Ulum telah memiliki lahan seluas 140 tumbak dan telah berwujud dalam 1 masjid, 9 asrama santri, madrasah sebagai ruang mengaji dan lain sebagainya. Adapaun jumlah santri mukim telah mencapai 75 orang yang berasal dari berbagai daerah di provinsi Jawa Barat ini, bahkan ada yang dari luar provinsi seperti dari Jawa tengah dan Jawa timur. Hingga tahun ke 10 perjalanan kami, berbagai program dan kegiatan pendidikan telah berjalan dan semoga dapat bermanfaat bagi masyarakat luas, harapan kami ke depannya semoga Pondok Pesantren salafiyah dan Da'wah Roudlotul "Ulum mampu menjadi Lembaga Pendidikan yang dari, bersama dan untuk masyarakat Indonesia secara khususnya dan dunia secara umumnya.
PROGRAM MASA DEPAN
1. Jangka Pendek
- Pengembangan asrama santri di lokasi timur dan barat
- Pengadaan sarana air bersih
- Pengadaan penerangan lampu jalan dan lingkungan Pesantren
- Pengadaan perlengkapan penunjang operasional Pesantren
2. Jangka Menengah
- Pembebasan tanah seluas 2 Hektar dengan kisaran harga Rp 5.000.000
per tumbak dalam program PPWM & WPT (Wakaf Pembebasan Tanah)
3. Jangka Panjang
- Pendirian Sekolah Islam (RA, Tsanawiyah, Aliyah & STAI)
dan Umum (TK , SD , SLTP & SMU)
- Membuka Padepokan Rehabilitasi dan padepokan Beladiri/ Silat
PROGRAM PENDIDIKAN DAN SOSIAL KEMASYARAKATAN
1. PPWM & WPT (Program Pelayanan Wakaf Masjid & Wakaf Pembebasan Tanah)
2. Program Pesantren masuk Sekolah dan Universitas/ Kampus
(SD, SLTP, SMU, Universitas dll)
3. WSM (Wirausaha Santri Mandiri)
A. Perdagangan :
- Mainan Anak-anak
- Assesoris
- Makanan Ringan
- Bumbu Masak
- Gorengan
- Es
B. Peternakan :
- Ayam Negeri
- Ayam Hias
- Ayam Kampung
- Burung berkicau
- Burung Hias
- Bebek Dara
- Bebek Biasa
C. Perikanan :
- Ikan Mas
- Ikan Gurame
- Lele Dumbo
- Belut
D. Pertanian :
- Burkol
- Sosin
- Kangkung
- Saladah
- Bawang Merah
- Bawang Putih
- Bawang Daun
- Jahe
4. KoPonTren (Koperasi Pondok Pesantren)
5. KSU (Klinik Umat)
A. Dokter Umum
B. Dokter Spesialis
C. Dokter Hewan
D. Dokter Tumbuhan
6. BAZRU (Badan Amil Zakat Roudlotul Ulum)
7. STPI (Sanggar Teknologi Pendidikan Islam)
8. PTU (Pondok Terapi Ubaidillah)
A. Hijamah (Bekam)
B. Hand Accupunture
C. Pijat Urut
D. Refleksi
E. Rajah Hikmah
F. Ruqiyah
G. Terapi Uap
H. Terapi Asap
I. Terapi Khodam
J. DLL
PENGAJIAN RUTIN MINGGUAN
1. Pengajian rutinan Ibu-ibu setiap hari Selasa dan Sabtu di Masjid Pondok Pesantren Salafiyah dan Da'wah Roudlotul 'Ulum
2. Pengajian rutinan Umum setiap hari Minggu di Masjid Agung Cimahi
3. Pengajian rutinan Ibu-ibu setiap hari Jum'at di Mazidah Cihanjuang
4. Pengajian rutinan Umum setiap hari Minggu di Masjid Miftahul khair Marga Asih
PENGAJIAN RUTIN BULANAN
1. Pengajian rutinan Umum tiap malam Jum'at Kliwon di tempat
2. Pengajian rutinan Umum di Masjid Al Amanah Cisarua
3. Pengajian rutinan Umum di Masjid Jihadul Hasanah Cibeureum
4. Pengajian rutinan di Masjid Al Amanah Jl. Jendral Sudirman
STRUKTUR KERJA PENDIDIK & PENGURUS
PONDOK PESANTREN SALAFIYAH DAN DA'WAH
ROUDLOTUL 'ULUM
Nama
|
Kode
|
Jabatan
|
Ket.
|
KH MD
(Kang Ubay)
|
I
|
Pimpinan &
Guru mengaji
| |
Ust. Eman Sulaeman
(Kang Eman)
|
II
|
Wk. Pimpinan &
Guru Mengaji
| |
Ust. ME Ridwan S Aj
(Mr. Win)
|
III
|
Humas, Tata Usaha &
Koordinator Kepesantrenan
| |
Ust. Sidik Aminullah
(Mang Idik)
|
IV
|
Sekretaris &
Guru Mengaji
| |
Ustd. Siti Maryam
(Teh Siti)
|
V
|
Bendahara &
Guru mengaji
| |
Ust. Endan Muhtar
(Mang Endan)
|
VI
|
Humas &
Guru Mengaji
| |
Ust. Basudin
(Mang Udin)
|
VII
|
Keamanan
| |
Ust. Odang
(Mang Odang)
|
VIII
|
Guru Mengaji
| |
Ust. Aan
(Mang Aan)
|
IX
|
Guru Mengaji
| |
Ust. Oni
(Mang Oni)
|
X
|
Guru Mengaji
| |
Ustd. Oneng
(Bi Oneng)
|
XI
|
Konsumsi &
Guru Mengaji
| |
Ustd. Ai
(Bi Ai)
|
XII
|
Konsumsi &
Guru mengaji
| |
Dayatullah
(Mang Dayat)
|
XIII
|
Umum
|
JADWAL PELAJARAN HARIAN DAN KEGIATAN SANTRI
PONDOK PESANTREN SALAFIYAH DAN DA'WAH ROUDLOTUL 'ULUM
Waktu
|
Kelas
|
Pelajaran
|
Guru
|
05-00 s/d 06-00
|
1
|
Tajwid
|
M ihsan & M acep
|
2
|
Tajwid & Tahfidz
|
M ence
| |
07-00 s/d 09-00
|
3
|
Al-Fiyyah & Taqrib
|
Ust sidik
|
08-30 s/d 10-30
|
1
|
Tazwid, Tahfidz & Fikih
|
M ence
|
2
|
Jurumiyyah, Tizan & Safinah
|
Ust sidik
| |
14-00 s/d 15-30
|
1
|
Pengetahuan Umum
|
Ust ME Ridwan SAj
|
2 +3
|
Tanqih & taqrib
|
Ustd siti mariyam
| |
16-00 s/d 17-00
|
1
|
Tasripan & safinah
|
Ust aan
|
2+3
|
Sulamut taofiq & Uqudulluzain
|
Ust oni
| |
18-30 s/d 20-00
|
1
|
Al-qur'an & tajwid
|
Ust oni
|
18-30 s/d 20-30
Senin, Rabu, Minggu
Sabtu, selasa, Kamis
|
2+3
|
Riyaddussahlihin & Targib
Duratunnashihin & Syubul Imam
|
Ustd Siti Mariyam
Ust. Odang
|
20.30 s/d 21.30
Rabu
Kamis
|
1+2+3
|
Maulidiba & Simtutturar
Muhadarahan
|
M ence
Ihsan
|
21.00 s/d 23.00
Kamis
|
1+2+3
&
Umum
|
Thariqul Hikmah
Heart Technology
|
KH MD
Ust. ME Ridwan SAj
|
13.00 s/d 15.00
Jum'at
|
1+2+3
|
Futsal/ Sepak bola
|
Ust. Basudin
|
07.30 s/d 10.00
Minggu
|
Santri
&
Guru
|
Kerja bakti
|
Ust. Endan
|
VISI DAN MISI
PONDOK PESANTREN SALAFIYAH DAN DA'WAH ROUDLOTUL 'ULUM
1. Pondok Pesantren merupakan Lembaga Pendidikan yang mampu membentuk pola pikir dan perilaku santrinya, ini adalah suatu fakta yang menunjukan kebutuhan riil masyarakat akan peran partisipasi Pondok Pesantren
2. Kontinuitas tradisi yang benar memperhatikan ilmu-ilmu agama sebagaimana dipegangi oleh masyarakat muslim, ini juga sebuah kemungkinan cara untuk mempertahankan standard ilmu-ilmu agama di masa depan. Hanya dengan jalan demikian masyarakat Indonesia dapat mempertahankan kemurnian pengajaran Agama. Inilah konsep Ahl As Sunnah Wal Jamaah.
3. Dalam Ilmu Pendidikan aturan dalam teks-teks klasik yang dikenal dengan kitab kuning dimaksudkan untuk membekali para santri dengan pemahaman jalan kebenaran menuju kesadaran esoteris ihwal statis penghambaan (ubudiyyah) dihadapan Allah, tetapi juga dengan tugas-tugas masa depan dalam kehidupan masyarakat.
4. Banyak fokus dalam pengembangan Pondok Pesantren menyebabkan sebagian sebab utama kesadaran eksistensinya dan sebagian besar sebab itu adalah institusi Pendidikan. Kebutuhan-kebutuhan akan perubahan ini adalah bukti bahwa Pondok Pesantren mempunyai gagasan besar untuk mengembangkannya sebagai sebuah subsistem pendidikan dan sistem pendidikan nasional.
5. Munculnya perbedaan strategi yang dilakukan oleh berbagai organisasi Islam untuk menghadapi perubahan sosial merupakan hal yang tak dapat dihindarkan, strategi yang digunakan dapat dikategorikan menjadi :
a. Strategi sosial politik
b. Strategi kebudayaan
c. Strategi sosial kebudayaan
6. Kebebasan Pondok Pesantren dari intervensi eksternal dalam skala besar memberikan ruang untuk melakukan manuver dan dibutuhkan untuk eksperimentasi dengan ide-ide dan gagasan para pemikir kebebasan-relatif, hasil keterampilan Pondok Pesantren untuk merespon metode konstruktif dari tantangan eksternal seperti sistem sekolah barat, cukup fleksibel dalam rangka mempelopori konsep pendidikan baru.
7. Pesantren sangat efektif untuk membangun karakter bangsa, sebab di pesantren ilmu itu diamalkan dan direalisasikan bukan hanya diwacanakan dan didiskusikan. Di dalam pesantren itu ada nilai-nilai yang terintegrasi satu sama lainnya :
a. Ilmu itu jangan hanya ditulis tapi harus diamalkan dengan tulus dan
ikhlas
b. Nilai persaudaraan yang kuat
c. Nilai kemandirian karena mentalnya ditempa
8. Pesantren lebih terfokus pada pembangunan karakter Bangsa (Nation Character Building ), terlebih generasi muda dimana sebagiannya telah menghisap dalam-dalam kepulan ajaran dan pandangan sesat tentang kehidupan berbangsa dan bernegara. Radikalisme menjadi tumbuh membiak yang membuat banyak anak muda tercerabut paksa dari akar kearifan budaya lokal.
PADEPOKAN SUNAN GUNUNG JATI
Kita tidak akan mampu menguasai diri orang lain, karena menguasai diri sendiripun adalah sesuatu yang mustahil karena kekuasaan adalah milik-Nya. Kita akan mendapatkan kehidupan yang sebenarnya, ketika hanya menghambakan diri kepada ALLOH SWT semata, karena jika kita menghambakan diri kepada yang selain ALLOH SWT, maka kelelahan dan kesengsaraanlah yang akan didapatkan. Dengan kasih sayang dan kemurahan-Nya, di dunia ini ALLOH SWT memberikan apa yang diminta oleh hamba-Nya, tanpa memperhatikan keimanan atau kekufuran. Jika kita menginginkan dunia ini kita akan mendapatkannya. Jika kita menginginkan kebahagiaan dan keselamatan kehidupan yang kekal di akhirat kita akan mendapatkannya pula, tergantung dari usaha diri kita dalam meraihnya.
Tujuan didirikannya PADEPOKAN SUNAN GUNUNG JATI adalah untuk semakin menambah keyakinan hati kita akan kebesaran ALLOH SWT sehingga hati menjadi suci dan bersih, karena dengannya merupakan modal utama dalam mengarungi panjangnya perjalanan kehidupan ini. Jika hati kita telah diliputi oleh keyakinan yang kuat akan kebesaran ALLOH SWT dan telah suci serta bersih dari segala kekotorannya, apapun yang terjadi dalam kehidupan ini tidak akan mengakibatkan kekecewaan, penyesalan, kekalutan dan lain sebagainya. Semoga ALLOH YANG MAHA AGUNG menjadikan PADEPOKAN SUNAN GUNUNG JATI sebagai jalan menghidupkan hati yang telah lama mati dan mensucikan serta membersihkannya kembali, serta menjadi sarana kembalinya sebanyak mungkin orang-orang yang telah jauh dari jalan-Nya. Sholawat serta salam semoga terlimpah curahkan kepada Nabi Muhammad SAW, keluarganya, para sahabatnya dan kepada seluruh umatnya hingga akhir zaman kelak, amin.
PROGRAM REHABILITASI DAN PEMBERDAYAAN :
A. Orang gila
B. Gelandangan
C. Anak jalanan
D. Tunanetra
E. Pemulung
F. Pecandu Narkoba
G. PSK dan Gigolo
H. Pencopet
J. Dll
PROGRAM PENGIJAZAHAN :
A. Mampu menembus dimensi alam ghaib
B. Memagar rumah dan harta benda
C. Meleburkan isian jin dan susuk
D. Mengaktifkan inti energi tubuh dan indra keenam
E. Membuang sial dan ketenangan jiwa
F. Menyedot rezeki dari berbagai penjuru
G. Kekebalan, keselamatan dan kewibawaan
H. Meleburkan santet, pellet dan sihir
I. Mampu mengobati berbagai penyakit
J. Memindahkan hujan dan menghalau mendung
K. Ketajaman mata batin
L. Memperlancar usaha dan karir
M. Meleburkan bermacam-macam pesugihan
N. Dll
PROGRAM TERAPI PENGOBATAN :
A. Terapi Rajah Hikmah
B. Terapi Ruqiyah
C. Terapi Uap
D. Terapi Asap
E. Terapi Ghaib/ Khodam
F. Terapi Pijat dan Refleksi
G. Terapi Hijamah/ Bekam
H. Ramuan-ramuan (Herbal)
Di awal November tahun 2012,
telah berdiri sebuah Lembaga Pendidikan Sosial Kemasyarakatan dan Pusat
Rehabilitasi dengan nama YAYASAN
UBAIDILLAH PADEPOKAN SUNAN GUNUNG JATI
dengan pendiri Kyai MD Ubaidillah AB serta Ust. ME Ridwan S Al Jauziyah dan
menyelenggarakan Program dan Kegiatan Rehabilitasi serta Pemberdayaan, dengan
disertai Program Pendidikan Agama Islam dan Umum, Pelatihan Wirausaha Mandiri Peternakan,
Perikanan, Pertanian dan lain sebagainya. YAYASAN
UBAIDILLAH PADEPOKAN SUNAN GUNUNG JATI
telah menyusun Visi, Misi, Tujuan dan Rencana Strategis (Restra) sebagai
berikut:
·
Visi
“Menjadi Lembaga
Pendidikan dan Sosial Kemasyarakatan yang mampu mencerdaskan kehidupan Bangsa
yang berakhlakul karimah”.
·
Misi
A.Menyelenggarakan
Program dan Kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat luas serta menyiapkan Sumber
Daya Manusia (SDM) yang inovatif, kreatif, produktif, kooperatif, kompetitif,
percaya diri, tekad yang tinggi, pandai dan siap mengaplikasikannya di
tengah-tengah masarakat.
B.Mengembangkan
Ilmu dan Pengetahuan untuk meningkatkan kualitas SDM dan taraf hidup masyarakat
dengan landasan Iman dan Taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
·
Tujuan
: (1) Mengasilkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang bertaqwa, berkepribadian baik,
berkualitas di bidang, kemampuan dan keahliannya, serta berjiwa wirausaha, (2)
Terciptanya Sumber Daya Manusia (SDM) yang dinamis dan bertanggung jawab, (3)
Terciptanya Sumber Daya Manusia (SDM) yang berorientasi pengabdian pada sesama, (4) Menghasilkan
penelitian yang tepat guna bagi Agama, Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan Seni,
(5) Terselenggaranya program pengabdian pada masyarakat yang tepat sasaran
sebagai bentuk implementasi Agama, Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan Seni, serta (6)
Terjalinnya kerjasama/kemitraan dalam berbagai bidang, baik dengan semua elemen
masyarakat, Lembaga Pemerintah maupun dengan Swasta, di tingkat Daerah, Nasional
maupun Internasional.
B. Tujuan Umum
Tujuan umum dari Program dan Kegiatan ini
adalah peningkatan pelayanan terhadap para sahabat PADEPOKAN SUNAN GUNUNG JATI dengan sarana dan prasarana yang memadai sehingga
sesuai dengan yang diharapkan. Adapun tujuan lainnya adalah :
§
Meningkatnya
kesadaran masyarakat akan pentingnya Lembaga Pendidikan dan Sosial
seperti PADEPOKAN SUNAN GUNUNG JATI
§
Meningkatnya
anggota PADEPOKAN SUNAN
GUNUNG JATI yang
berhasil kembali ke masyarakat dengan
kemampuan yang memadai dan siap menghadapi berbagai
tantangan dan cobaan
§
Meningkatnya
kemampuan berwirausaha/entrepreneurship dari setiap anggota PADEPOKAN SUNAN GUNUNG JATI yang telah menjalani program dan kegiatan
BAB II
PERAN PADEPOKAN
SUNAN GUNUNG JATI
TERHADAP MASYARAKAT,
BANGSA DAN NEGARA SERTA UMAT MANUSIA
Organisasi dan sistem
tatakelola (govermance) yang di terapkan di PADEPOKAN SUNAN GUNUNG JATI saat ini mengacu pada program-program YAYASAN UBAIDILLAH, dimana tertera dalam AKTA YAYASAN
dalam Bab Kegiatan Pasal 3 dalam bidang sosial ayat 1.b yang berbunyi
mendirikan pendidikan informal seperti kursus-kursus keterampilan, kecantikan,
kesenian, bimbingan belajar, pembinaan generasi muda dan balai latihan kerja. Dalam
bidang keagamaan ayat 2.c yang berbunyi meningkatkan pemahaman keagamaan. Dalam
bidang kemanusiaan ayat 3.c yang berbunyi memberikan bantuan kepada tunawisma,
fakir miskin dan gelandangan dan ayat 3.d yang berbunyi mendirikan dan
menyelenggarakan rumah singgah dan rumah duka. Agar supaya program dan kegiatan
tersebut berjalan sesuai dengan harapan semua pihak, maka kiranya perlu
didukung dengan fasilitas, sarana dan prasarana yang memadai. Sistem tatakelola
PADEPOKAN SUNAN GUNUNG JATI yang bersemboyankan dari
hati dengan hati untuk hati,
lebih mengedepankan faktor pelayanan kepada para sahabat (anggota) yang
notabene adalah masyarakat luas. Terlebih kehidupan masyarakat Indonesia
saat ini dimana persaingan hidup telah menjurus kepada persaingan ekonomi yang
tidak sehat antara satu warga dengan warga yang lainnya. Dimana segala sesuatu
senantiasa dinilai dengan uang dan materi, apabila suatu urusan tidak mampu menghasilkan
uang dan materi maka urusan tersebut seperti tidak ada artinya. Oleh karena itu
perlu kiranya dibutuhkan sebuah Lembaga Pendidikan dan Sosial Kemasyarakatan
yang berperan secara aktif dan berkesinambungan, agar supaya pemahaman tidak
baik tersebut tidak menjadi akut dan terwariskan kepada anak cucu di kemudian
hari. PADEPOKAN SUNAN GUNUNG JATI senantiasa melakukan perencanaan, pengelolaan
dan pengendalian berbagai Sumber Daya Manusia (SDM), keuangan/dana, sarana dan
prasarana serta fasilitas yang di manfaatkan untuk pengelolaan program dan
kegiatan. Dengan pendekatan ini, efektifitas dan efsiensi pemakaian sumberdaya
serta kemungkinan penyimpangan pemakaian sumberdaya dapat diminimalkan. PADEPOKAN SUNAN GUNUNG JATI di kelola oleh YAYASAN UBAIDILLAH dan dari aspek strukturnya organisasi di PADEPOKAN SUNAN GUNUNG JATI menganut struktur yang berjenjang dan
terkoordinasi :
·
Pembina
; Terdiri dari Pembina, Pengurus dan Pengawas YAYASAN UBAIDILLAH
yaitu H. Abdul Halim Bisri (Ketua Pembina), Eman Sulaeman (Anggota Pembina), Kyai
Muhamad Deding Ubaydillah (Ketua Pengurus), Jenal Abidin SHi (Wakil Ketua
Pengurus), Tia Nimatillah (Sekretaris Pengurus), Agus Anwarudin (Bendahara
Pengurus), Siti Maryam (Ketua Pengawas), Oneng Kartini (Anggota Pengawas) dan Lembaga
kerjasama.
·
Pengurus
; Terdiri dari Badan Kepengurusan yaitu Kyai Muhamad Deding Ubaydillah (Ketua
Pembina dan Guru Besar), Ust. ME Ridwan S Al Jauziyah (Ketua Pengurus), Ust.
Joti Mubarok (Sekretaris Pengurus), Sibasudin (Bendahara Pengurus), Sumarno (Koordinator
Sahabat I), M Adam Zordan (Koordinator Sahabat II)
BAB III
PENERIMAAN, GOLONGAN, KEGIATAN HARIAN, PROSES
REHABILITASI
DAN PEMBERDAYAAN SAHABAT
PADEPOKAN SUNAN GUNUNG JATI
A. Penerimaan, Golongan dan Kegiatan
Harian Sahabat
Penerimaan sahabat
baru dilaksanakan secara terpusat oleh kepengurusan dan menggunakan jalur
seleksi yaitu mengikuti Program Riyadhah Tazkiyah Terpadu (PRT2) dan
Program Riyadhah Tazkiyah Terpadu Khusus (PRT2K). Adapun isi dari
program tersebut berupa amaliah harian dan pembekalan motivasi awal menuju
Tahapan Proses Lanjutan, untuk sahabat yang mengalami ujian hidup dalam
keterbatasan mental dan kejiwaan maka akan mengikuti Program Khusus yang
teraplikasi dalam Program Riyadhah Tazkiyah Terpadu Khusus (PRT2K).
Waktu dalam pelaksanaan program tersebut adalah selama 123 (Seratus dua puluh
tiga) hari/ (41 Hari x 3), dan apabila dalam waktu tersebut para sahabat
belum menunjukkan peningkatan yang signifikan maka akan mengikuti kembali program
dan kegiatan awal tersebut, namun apabila layak maka akan meneruskan pada
Tahapan Proses Lanjutan. Golongan sahabat yang termasuk dalam Program Riyadhah
dan Tazkiyah Terpadu :
1. Kenakalan Remaja 9. Penipu
2. Kecanduan Narkoba 10. Pengemis
3. Gelandangan (Tunawisma) 11. Pengembara
4. Anak Jalanan 12. Perampok
5. Pekerja Seks Komersial
(PSK) 13. Dll
6. Gigolo
7. Pencuri
8. Pencopet
Program Riyadhah
dan Tazkiyah Terpadu adalah
sebagai berikut :
Pemateri
|
Materi
|
Waktu dan Tempat
|
No
|
|
- Makan sahur
- Sholat Sunat Tahajjud
berjamaah
- Dzikir, Muhasabah dan Doa
|
Jam 03. 00 s/d 04.15
Di Masjid/ Mushola
|
1
|
|
- Sholat Shubuh berjamaah
- Dzikir ba'da Sholat fardlu
|
Jam 04.15 s/d 05.00
Di Masjid
|
2
|
|
- Dzikir Al Ma'tsurat
- Heart Technology
|
Jam 05.00 s/d 06.00
Di Aula Utama
|
3
|
|
- Olah raga pagi
|
Jam 06.00 s/d 08.00
Di Lapangan
|
4
|
|
- Sholat sunat Dhuha berjamaah
- Dzikir ba'da Dhuha
|
Jam 08.00 s/d 09.00
Di Masjid
|
5
|
|
- Pelatihan dasar Wirausaha
|
Jam 09.00 s/d 11.30
Di Area Wirausaha
|
6
|
|
- Kembali ke Asrama masing-masing
|
Jam 11.30 s/d 12.00
Di Asrama
|
7
|
|
- Sholat Dzuhur berjamaah
- Dzikir ba'da Sholat fardlu
|
Jam 12.00 s/d 12.30
Di Masjid
|
8
|
|
- Istirahat siang
|
Jam 12.30 s/d 14.00
Di Asrama
|
9
|
|
- Telaah Seni dan Budaya
|
Jam 14.00 s/d 15.00
Di Aula Utama
|
10
|
|
- Sholat Ashar berjamaah
- Dzikir ba'da Sholat fardlu
|
Jam 15.00 s/d 16.00
Di Masjid
|
11
|
|
- Olah raga sore
|
Jam 16.00 s/d 17.00
Di Lapangan
|
12
|
|
- Dzikir Al Ma'tsurat
|
Jam 17.00 s/d 18.00
Di Masjid
|
13
|
|
- Buka puasa bersama
- Sholat Maghrib berjamaah
- Dzikir ba'da Sholat fardlu
|
Jam 18.00 s/d 19.00
Di Masjid
|
14
|
|
- Sholat Isya berjamaah
- Dzikir ba'da Sholat fardlu
|
Jam 19.00 s/d 19.30
Di Masjid
|
15
|
|
- Kembali ke Asrama masing-masing
|
Jam 19.30 s/d 20.30
Di Asrama
|
16
|
|
- Telaah Hikmah dan Ilmu Pengetahuan
|
Jam 20.30 s/d 21.30
Di Aula Utama
|
17
|
|
- Dzikir menjelang tidur
|
Jam 21.30 s/d 22.30
Di Asrama
|
18
|
|
- Istirahat/ Tidur
|
Jam 22.30 s/d 03.00
Di Asrama
|
19
|
Golongan sahabat yang
termasuk dalam Program Riyadhah dan Tazkiyah Terpadu Khusus :
1. Orang Gila
2. Stres/ Depresi
3. Dll
Program
Riyadhah dan Tazkiyah Terpadu Khusus adalah sebagai berikut :
Pemateri
|
Materi
|
Waktu dan Tempat
|
No
|
|
- Ruqiyah
- Dzikir Aurod
|
Jam 03. 00 s/d 04.15
Di Mushola dan Kolam
|
1
|
|
- Sholat Shubuh berjamaah
- Dzikir ba'da Sholat fardlu
|
Jam 04. 15 s/d 05.00
Di Masjid
|
2
|
|
- Dzikir Khusus
- Muhasabah Khusus
|
Jam 05.00 s/d 06.00
Di Aula Utama
|
3
|
|
- Makan pagi
- Olah raga Khusus
|
Jam 06.00 s/d 08.00
Di Asrama dan Lapangan
|
4
|
|
- Terapi Psikologi, Seni dan Budaya
|
Jam 08.00 s/d 09.00
Di Lapangan
|
5
|
|
- Terapi Fisik
|
Jam 09.00 s/d 11.30
Di Tempat Terapi
|
6
|
|
- Kembali ke Asrama masing-masing
|
Jam 11.30 s/d 12.00
Di Asrama
|
7
|
|
- Sholat Dzuhur berjamaah
- Dzikir ba'da Sholat fardlu
|
Jam 12.00 s/d 12.30
Di Masjid
|
8
|
|
- Makan siang
- Istirahat siang
|
Jam 12.30 s/d 14.00
Di Asrama
|
10
|
|
- Terapi Kolam Mubarokah
|
Jam 14.00 s/d 15.00
Di Kolam Terapi
|
11
|
|
- Sholat Ashar berjamaah
- Dzikir ba'da Sholat fardlu
|
Jam 15.00 s/d 16.00
Di Masjid
|
12
|
|
- Olah raga sore
|
Jam 16.00 s/d 17.00
Di Lapangan
|
14
|
|
- Dzikir Al Insyirah
|
Jam 17.00 s/d 18.00
Di Mushola
|
15
|
|
- Sholat Maghrib berjamaah
- Dzikir ba'da Sholat fardlu
|
Jam 18.00 s/d 19.00
Di Masjid
|
16
|
|
- Sholat Isya berjamaah
- Dzikir ba'da Sholat fardlu
|
Jam 19.00 s/d 19.30
Di Masjid
|
17
|
|
- Kembali ke Asrama masing-masing
- Makan malam
|
Jam 19.30 s/d 20.30
Di Asrama
|
18
|
|
- Terapi Al Lail
|
Jam 20.30 s/d 22.30
Di Mushola
|
19
|
|
- Istirahat/ Tidur
|
Jam 22.30 s/d 03.00
Di Asrama
|
20
|
B. Proses Rehabilitasi dan Pemberdayaan Sahabat
Jumlah Sahabat
baru yang diterima dan menjalani Proses Rehabilitasi serta Proses Pemberdayaan di
tetapkan berdasarkan kapasitas asrama, fasilitas dan sarana prasarana yang
berada di area PADEPOKAN SUNAN GUNUNG JATI. Untuk Sahabat yang termasuk ke dalam Golongan
Program Riyadhah Tazkiyah Terpadu (PRT2), akan mengikuti Tahapan Proses Muqadimah
dan lamanya waktu Proses Rehabilitasi terbagi menjadi 3 (Tiga) Tahapan
Proses Rehabilitasi I yaitu Tahapan Proses Riyadhah Awaliyah, Riyadhah Tsaniyah
dan Riyadhah Tsulasiyah. Pada setiap Tahapan Prosesnya berlangsung selama
41 (Empat puluh satu) hari, pada setiap genap menjalani proses selama 41 (Empat
puluh satu) hari tersebut akan mendapatkan Sertifikat Tahapan Proses
Rehabilitasi Riyadhah Awaliyah, lalu Riyadhah Tsaniyah dan Riyadhah
Tsulasiyah. Apabila setelah menjalani 3 (Tiga) Tahapan Proses Rehabilitasi
I tersebut sahabat dinyatakan layak maka akan mendapatkan Sertifikat Kelayakan
I, namun apabila belum dinyatakan layak maka akan mengulang berdasarkan pada Tahapan
Proses Rehabilitasi tersebut. Sedangkan apabila sahabat dinyatakan layak
dan menginginkan meneruskan kepada Tahapan Proses Muqadimah selanjutnya,
dan lamanya waktu terbagi menjadi 3 (Tiga) Tahapan Proses Rehabilitasi II yaitu
Tahapan Proses Tazkiyah Awaliyah, Tazkiyah Tsaniyah dan
Tazkiyah Tsulasiyah, dimana pada setiap Tahapannya berlangsung selama 21 (Dua
puluh satu) hari, pada setiap genap menjalani proses selama 21 (Dua puluh satu)
hari tersebut akan mendapatkan Sertifikat Tahapan Proses Rehabilitasi Tazkiyah
Awaliyah, lalu Tazkiyah Tsaniyah dan Tazkiyah Tsulasiyah.
Setelah menjalani Tahapan
Proses Muqadimah dalam Tahapan Proses Rehabilitasi I dan Tahapan Proses
Rehabilitasi II apabila setiap sahabat menginginkan meneruskan kepada
Tahapan selanjutnya, maka diwajibkan mengikuti Seleksi Kelayakan Tahapan menuju
Tahapan Proses Lanjutan yaitu Tahapan Proses Pemberdayaan I dan Tahapan Proses
Pemberdayaan II, yang mana pada setiap Tahapannya berlangsung selama 90
(Sembilah puluh) hari. Adapun syarat kelayakan Seleksi Kelayakan Tahapan menuju
Tahapan Proses Lanjutan yaitu Tahapan Proses Pemberdayaan I dan Tahapan Proses
Pemberdayaan II adalah sebagai berikut :
Tahapan
Proses
|
Evaluasi
|
Validitas
|
Reliabilitas
|
Riyadhah
Awaliyah
|
25 %
kesempurnaan akal
dan pikiran
|
25 %
kesempurnaan Musyahadah
|
25 %
kesempurnaan Mukasyafah
|
Riyadhah
Tsaniyah
|
50 % kesempurnaan
akal
dan pikiran
|
50 %
kesempurnaan Musyahadah
|
50 %
kesempurnaan Mukasyafah
|
Riyadhah
Tsulasiyah
|
75 %
kesempurnaan akal
dan pikiran
|
75 %
kesempurnaan Musyahadah
|
75 %
kesempurnaan Mukasyafah
|
Tazkiyah
Awaliyah
|
25 % kestabilan
ilmu dan amaliah
serta Mujahadah
|
25 % kestabilan
Musyahadah
|
25 % kestabilan
Mukasyafah
|
Tazkiyah
Tsaniyah
|
50 % kestabilan
ilmu dan amaliah
serta Mujahadah
|
50 % kestabilan
Musyahadah
|
50 % kestabilan
Mukasyafah
|
Tazkiyah
Tsulasiyah
|
75 % kestabilan
ilmu dan amaliah
serta Mujahadah
|
75 % kestabilan
Musyahadah
|
75 % kestabilan
Mukasyafah
|
Selanjutnya untuk Tahapan Proses Lanjutan yaitu
Tahapan Proses Pemberdayaan I dan Tahapan Proses Pemberdayaan II akan
mengikuti Program dan Kegiatan tambahan dari Program Riyadhah dan
Tazkiyah Terpadu. Ada beberapa Program dan Kegiatan yang
masih tetap dijalankan, ada juga yang dihilangkan dan diganti dengan Program
dan Kegiatan baru yang menitik beratkan pada pengembangan wirausaha mandiri,
agar kelak jika sahabat kembali ke masyarakat telah dibekali
dengan kemampuan dan kecakapan wirausaha, khususnya kemampuan menciptakan
lapangan usaha sendiri.
BAZRU
bersihkan dan sucikan harta serta jiwa
BAZRU
Merupakan Badan Amil Zakat Roudlotul 'Ulum yang didirikan pada Bulan Muharram Tahun 1433 H/ Bulan Desember 2012 M sebagai Badan Otonomi sekaligus (dipersiapkan) sebagai institusi (milik) publik (umat) yang berada di bawah naungan YAYASAN UBAIDILLAH
VISI
Menjadi Badan Amil Zakat yang transparan, akuntabel dan kredibel agar dapat dipercaya dan sekaligus menjadi sarana pemberdayaan umat dan pengembangan Dakwah Islam.
MISI
(1) Membangun sistem manajemen zakat yang akuntabel, transparan, proaktif dan progresif
(2) Membangun sarana dan prasarana umat untuk pengembangan Dakwah Islam
(3) Memfasilitasi dan mendorong kegiatan dan pengembangan dakwah Islam
(4) Meningkatkan kesejahteraan kaum dhuafa, khususnya di bidang kesehatan, pendidikan dan ekonomi
(5) Membangun semangat kebersamaan baik antara Muzzaki dan antara Muzzaki dan Mustahik melalui gerakan budaya Wakaf, Zakat, Infak dan Shadaqah
TUJUAN
(1) Tersedianya sarana dan prasarana umat bagi pengembangan dakwah Islam
(2) Meningkatkan kesejahteraan dhuafa khususnya di bidang kesehatan,
pendidikan dan ekonomi
(3) Meningkatkan jumlah Muzzaki dan memperkecil jumlah Mustahik
PROGRAM KERJA BAZRU
TAHUN KEGIATAN 2012-2014
Sasaran
|
Program Kerja
|
No
|
- Tercapainya efisiensi dan efektifitas
Organisasi BAZRU
- Aktivasi kesekretariatan dan organi
sasi khususnya kegiatan sosialisasi
dan publikasi program
- Semakin dikenalnya BAZRU
Terutama oleh Muzzaki baru dan
BAZ/ LAZ/ BAZIS yang lain
- Tersedianya Pusat kesehatan dan layanan konsultasi Wakaf, Zakat, Infak
dan Shadaqah
- Banyaknya dana Wakaf, Zakat, Infak
dan Shadaqah yang dapat dihimpun
oleh BAZRU untuk Renovasi Masjid,
Pembebasan tanah, pembangunan sarana dan prasarana dakwah serta Tarbiyah Islam
- Berkembangnya jumlah calon Muzza
ki dan Mustahik yang signifikan
- Meningkatnya jumlah keluarga dhuafa yang dapat disantuni di bidang kesehatan, pendidikan dan ekonomi
- Meningkatnya jumlah Muzzaki yang
tergabung dengan BAZRU
- Meningkatnya jumlah dana yang berhasil digalang oleh BAZRU
- Meningkatnya jumlah masyarakat
yang melakukan konsultasi ke pusat pelayanan BAZRU
|
Peningkatan kapasitas dan kualitas BAZRU
Pencitraan BAZRU
Renovasi Masjid, Pembebasan Tanah, Pembangunan sarana dan prasarana Dakwah serta Tarbiyah Islamiyah
Peningkatan kesejahteraan dhuafa
Pengembangan pusat pelayanan
BAZRU
|
1
2
3
4
5
|
STRUKTUR KEPENGURUSAN BAZRU
Dewan Syariah :
1. KH MD Ubaidillah AB
2. KH Abdul Halim
Komisi Pengawas :
1. KH Abdul Halim
2. Tokoh Masyarakat
3. Ahli profesional
Badan Pengurus :
1. Ketua : Ust. M.E Ridwan S Al Jauziyah
2. Wk. Ketua : Ust. Sidik Amin
3. Sekretaris : Ust. Ence Sukandar
4. Bendahara : Ust. M Hamdan
Bidang-Bidang :
1. Distribusi dan Pemberdayaan Umat :
Ust. Joti Mubarok
2. Mobilisasi BAZRU :
Ade
3. Koordinator UPZ (Unit Pemungutan Zakat)
Masih dalam tahap sosialisasi
ISLAMIC GENERATIONS
ROUDLOTUL ULUM
Sudah cukup lama mata terpejam dari segala kepalsuan kehidupan, sudah cukup lelah telinga tertutup dari semua bentuk sandiwara dan khayalan. Sudah cukup panjang kaki melangkah hanya demi mengejar sesuatu yang sedikitpun tidak memberikan arti yang sebenarnya bagi hidup dan kehidupan. Bukan tidak mungkin hidup ini akan semakin terpuruk jika terus menerus menjalani semuanya dengan kepalsuan, sandiwara dan khayalan saja. Tidak mudah untuk bangkit apabila sudah terbiasa hidup dalam kesempitan pemikiran dan sesaknya perasaan, karena pikiran dan perasaan apabila terus dalam keadaan tertekan maka pada akhirnya tekanan itu lambat laun akan membinasakan kehidupan.
Sungguh sangat disesalkan apabila kita mengerti bahwa setiap manusia berhak mendapatkan apa yang menjadi hak hidupnya, baik berupa kebutuhan jasmani ataupun rohani, baik kebutuhan lahir ataupun kebutuhan batin. Namun k
etika berhadapan dengan berbagai tantangan dan rintangan yang seharusnya dapat dijadikan pembelajaran diri, keresahan dan kegelisahan dengan sesuatu yang sebenarnya belum tentu akan menimpa diri telah memporak-porandakan keteguhan hati dan pikiran, sehingga kita beranggapan bahwa untuk apa melakukan perbaikan dan semangat dalam meraih apa yang diharapkan jika pada akhirnya harus berakhir dengan kegagalan.
Berangkat dari pandangan seperti itulah seharusnya kita evaluasi dan introspeksi diri kembali bahwa sebenarnya harapan tersebut senantiasa ada dan berada. Di belahan bumi manapun menjajakinya, kesempatan menuju kesuksesan senantiasa disertai dengan kegagalan dan kegagalan. Namun kegagalan bukanlah akhir dari segalanya, justru dengan kegagalan kita dapat memahami arti dan makna dari kesuksesan. ISLAMIC GENERATIONS ROUDLOTUL ULUM hadir di tengah-tengah kehidupan kita sebagai Organisasi Remaja yang memiliki kompetensi natural, dimana segalanya berjalan sesuai dengan fitrah manusia. Dan menjadi Lembaga Informal di bawah naungan YAYASAN UBAIDILLAH sebagai wadah atau tempat menemukan kembali kehidupan yang sejati, khususnya bagi kaum remaja Indonesia, sehingga dapat tercipta remaja Indonesia yang :
- Bertaqwa
- Inovatif
- Kreatif
- Produktif
- Kooperatif
- Kompetitif
- Percaya diri
- Tekad yang tinggi
- Pandai
Abdimah reusep kana Ahlaqul karimahna kang ubay teh ,
BalasHapussoalna hade campur gaulna teu ningali jalmi luhur teu ningali jalmi rendah...
Kang ubaymah tetep sae marahmay bageuran.
Mugia Alloh maparinan kasehatan,pjg yuswa,oge pmaksudana di qobul ku alloh swt.amin
Assalamualaikum..
BalasHapusSaya Alwi Bahar dari Jogja..
Mau tanya informasi nya..
Apakah biayanya gratis?
Saya tuna wisma..
Sudah 6th ini saya hidup tanpa diakui sama keluarga..
Karena kesalahan saya dimassa lalu..
Sampai detik ini pun saya belum diterima keluarga besar saya..
Jika sekiranya ada teman" atau sahabat" yg bisa bantu saya..
Saya ucapkan banyak terima kasih..
Saya sudah lelah hidup sendirian dijalanan..
Semoga jika saya bisa mondok,doa saya semoga keluarga suatu saat bisa terima saya balik ke keluarga..
Ini nomer HP/WA saya 088228687511
Alhamdulillah dengan izin alloh,, saya beserta keluarga bisa bertemu dengan yayasan ubaidillah. . Semoga dengan wasilah nya Adik saya Rizal bisa sehat total dan menjadi penerus bapa saya. Aamiin ya alloh... .
BalasHapusTiasa nitip jahjanan snack buat santri
BalasHapus